Ketahui Apa Saja Layanan yang Bisa Diakses Melalui Sistem Pajak Baru Coretax?

Ketahui Apa Saja Layanan yang Bisa Diakses Melalui Sistem Pajak Baru Coretax?

Kursus Pajak – Coretax menyediakan layanan perpajakan online baik untuk wajib pajak maupun bukan wajib pajak, mulai dari layanan administrasi, pengaduan, hingga edukasi perpajakan. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menawarkan berbagai layanan pajak digital untuk membantu wajib pajak sejak aplikasi Coretax diimplementasikan. Lima layanan utama yang ditawarkan oleh Coretax dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas, aksesibilitas, dan transparansi proses perpajakan.

Jika Anda merupakan seseorang yang ingin kerja di dunia perpajakan, maka pengetahuan pajak baru terkait Coretax ini sangatlah penting. Namun, juga tidak kalah penting untuk mengikuti kursus pajak, sebagai upaya menguasai kebijakan perpajakan yang berlaku di Indonesia.

Kursus pajak ini dapat menjadi dasar pengetahuan Anda dalam menjalani dunia kerja dalam perpajakan. Definisi layanan perpajakan, berbagai jenis layanan yang ditawarkan, dan panduan tentang cara menggunakan program Coretax untuk mengakses layanan-layanan tersebut akan dibahas dalam artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan Layanan Perpajakan?

Salah satu cara untuk memudahkan wajib pajak dalam memenuhi hak dan kewajiban perpajakannya adalah melalui layanan perpajakan. Layanan ini mencakup penyelesaian pengaduan, administrasi perpajakan, edukasi, dan informasi penting terkait perpajakan. Mulai dari pengajuan permohonan hingga akses dokumen perpajakan, DJP telah menyederhanakan prosedur perusahaan dengan kemampuan digital yang terintegrasi melalui aplikasi Coretax.

Jenis Layanan Administrasi Perpajakan di Aplikasi Coretax

Layanan administrasi meliputi layanan permintaan informasi, menanggapi permintaan penerbitan produk hukum dari wajib pajak atau bukan wajib pajak, dan mendapatkan laporan produk layanan administrasi.

Layanan Permintaan Informasi Perpajakan (Pertanyaan Umum)

Layanan ini merupakan layanan untuk menjawab pertanyaan dari Wajib Pajak atau bukan Wajib Pajak mengenai permintaan konfirmasi, konsultasi, atau eskalasi.

Pengaduan, Rekomendasi, dan Apresiasi Layanan

Layanan ini memudahkan penyampaian keluhan, rekomendasi, atau ungkapan terima kasih atas layanan perpajakan.

  • Layanan untuk Pendidikan: Layanan ini menyediakan narasumber, jadwal kelas edukasi, dan materi edukasi perpajakan.
  • Pengetahuan Dasar Perpajakan (Pengetahuan Dasar): Akses ke koleksi sumber daya perpajakan untuk membantu dalam memahami hukum pajak adalah bentuk layanan ini.

Baca Juga: Transformasi PPN 12% Indonesia: Mengelola Risiko dan Peluang di 2025

Bagaimana Layanan Pajak Coretax Dapat Diperoleh?

Aplikasi Coretax memudahkan Anda untuk mengakses semua layanan pajak. Panduan komprehensif untuk menggunakan lima kategori layanan pajak disediakan di bawah ini:

Layanan Administrasi

Masukkan kata sandi dan NPWP Anda untuk mengakses aplikasi Coretax. Dasbor akun akan ditampilkan di halaman tersebut. Pilih menu Layanan Wajib Pajak, lalu pilih Layanan Administrasi Terdapat lima pilihan yang tersedia di menu Layanan Administrasi, antara lain:

  • Membuat permohonan layanan administrasi.
  • Permohonan yang belum diajukan
  • Permohonan sedang dalam proses
  • Permohonan sudah selesai
  • Daftar Fasilitas Saya
  • Klik “Buat Permintaan Layanan Administratif,” misalnya.
  • Formulir yang harus diisi akan ditampilkan oleh aplikasi.
  • Setelah memilih kategori layanan, klik Kirim.

Permintaan Informasi Pajak atau Layanan Interaktif (Pertanyaan Umum)

Dasbor Coretax sekarang terlihat. Klik Daftarkan Permohonan Informasi Pajak setelah memilih Layanan Permohonan Informasi Pajak. Submenu akan menampilkan tiga jenis riwayat permintaan informasi pajak, antara lain:

Konsultasi Pajak: Menambah Permintaan Informasi Pajak

  • Permintaan Verifikasi.
  • Masukkan pertanyaan atau klarifikasi yang Anda perlukan dalam formulir.
  • Tunggu jawaban di dasbor atau email.

Layanan Pengaduan, Saran, dan Apresiasi

  • Klik Layanan Penagihan Pajak setelah masuk ke program Coretax, lalu pilih submenu Layanan Pengaduan, Saran, dan Apresiasi.
  • Pilih submenu Input Layanan Pengaduan, Saran, dan Apresiasi untuk memasukkan pengaduan.
  • Lengkapi formulir terlampir dengan detail keluhan, saran, atau ucapan terima kasih Anda.
  • Selanjutnya, pilih jenis pengaduan, seperti Saran, Pengaduan Layanan Perpajakan, Pengaduan Disiplin dan Kode Etik Pegawai, atau Tindak Pidana di Bidang Perpajakan.
  • Klik Kirim setelah melampirkan dokumen pendukung.
  • Bagian Register Pengaduan, Saran, dan Apresiasi juga memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat pengaduan.

Untuk menjadi seorang ahli pajak, Anda harus memiliki pengetahuan mendalam terkait pajak. Dan salah satunya adalah dengan mengikuti kursus pajak. Tax Academy adalah tempat yang tepat untuk Anda memulainya. Karena di tempat ini merupakan langkah tangga pertama kesuksesan Anda sebagai seorang Expert di bidang industri perpajakan.

Tax Academy menawarkan metode pembelajaran yang mudah dan memiliki jaringan profesional. Beberapa metode tersebut diantaranya adalah Video Learning, Interactive Learning, dan juga Hybrid Learning. Akademi perpajakan yang satu ini dikelola oleh profesional dari WiN Partners yang mengelola berbagai bidang pajak dengan kantornya di Surakarta, Medan dan juga Batam. Hubungi kami sekarang juga untuk Anda yang ingin mengikuti kursus pajak dan menjadi Expert di bidang pajak.

Tags: No tags

Comments are closed.