Tata Cara Pelatihan

Brevet Pajak di Tax Academy

  1. Segala perizinan baik dari ketidakhadiran, offcam, terlambat hadir, dll dapat dikonfirmasikan kepada PIC kelas masing-masing.
  2. Peserta diberikan kesempatan untuk absen maksimal 5x pertemuan.
  3. Kelas yang terlewat dapat diikuti kembali melalui recording.
  4. Peserta yang sudah mengkonfirmasi ketidakhadiran (izin, izin terlambat, dll) akan dihitung masuk.

 

  1. Materi, Latihan Soal dan Record setiap pertemuan akan diberikan pada link drive di deskripsi grup WA
  2. Kelas diadakan sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan kepada peserta dalam grup pelatihan
  3. Link zoom yang digunakan selalu sama setiap pertemuan* dan kami lampirkan pada deskripsi grup WA.
  4. Peserta bergabung 5 menit sebelum kelas dimulai
  5. Peserta bergabung dalam ruang kelas (breakout room) masing-masing sesuai dengan batch pelatihan yang diikuti.
    Format Nama : BatchPelatihan_Nama Peserta  [ contoh : BREVETAB10_Devi Ayu ]
  6. Peserta diharapkan ON CAM selama sesi kelas berlangsung. Apabila berhalangan dapat mengkonfirmasikan kepada PIC Kelas.
  1. Buka deskripsi grup Batch Brevet Pajak
  2. Klik link materi dan link recording (di deskripsi grup)
  3. Setiap sesi kelas akan dimulai, materi akan diberikan via link tersebut.
  4. Setiap sesi kelas berakhir, recording akan diupload pada link tersebut.
  5. Recording rekaman kelas dapat dilihat kembali sampai 1 tahun terhitung dari batch dimulai.

Ketentuan Pre-test :

  1. Pre-test diadakan H-3 sebelum sesi materi baru dimulai dan dibagikan melalui Grup WA Pelatihan
  2. Berbentuk Pilihan Ganda 10 Soal (google form)
  3. Pre-Test wajib dikerjakan maksimal 4 jam sebelum kelas dimulai, dan hanya diperkenankan mengerjakan 1x saja.
  4. Hasil nilai Pre-test akan menjadi poin keaktifan tambahan peserta.
  5. Soal dapat ditanyakan pada saat sesi kelas berlangsung dengan pengajar.

Ketentuan Score-Credit Class (Poin Keaktifan di Kelas ):

  1. Poin akan diberikan oleh setiap pengajar melalui sesi interaktif kelas ( melalui tanya jawab, quiz, roleplay, atau hal lain selama sesi kelas berlangsung)
  2. Besaran akumulasi poin keaktifan di kelas, yang diberikan setiap bab akan sama yaitu = 80 poin
  3. Besaran poin yang dapat diterima oleh peserta ditentukan oleh pengajar pada masing-masing materi.
  4. Update poin yang diterima oleh peserta akan ditunjukkan pada setiap pertemuan awal bab baru oleh moderator kelas.
  5. Poin dapat digunakan untuk menambah nilai (dengan besaran presentase yang telah ditentukan sebelumnya)

Contoh Tabel Rekap Poin
Tabel ini akan ditunjukkan ke peserta pada setiap awal sesi kelas baru dimulai

Notes :
1. Jika setelah pengumuman nilai, peserta ingin melakukan perbaikan nilai/remedial = diperbolehkan.

  1. Nilai yang akan diambil adalah nilai yang tertinggi dari semua percobaan (ujian, ujian susulan, dan remedial).
  2. Jika setelah perbaikan nilai (remedial), nilai akhir melebihi angka 100, maka mengikuti skema “Contoh 2”.

1.Ujian dilaksanakan melalui website di www.taxacademy.id sesuai dengan jadwal ujian.

2.Ketika Ujian dilaksanakan tidak ada kelas zoom

3.Ujian menggunakan PC/Laptop.

4.Akses Ujian akan diberikan oleh Tim Tax Academy.

5.Setiap bab terdiri dari beberapa section ujian yang berbeda-beda. Setiap section terdiri dari beberapa soal dengan durasi waktu pengerjaan yang berbeda-beda. Peserta wajib menyelesaikan tiap section di bab tersebut.

6.Setiap section diberikan 2x kesempatan attempt, dengan hasil nilai tertinggi yang akan diambil.

7.Ujian tiap bab dibuka dengan batas waktu mulai pukul 16:00 – 23:59 WIB

8.Nilai KKM keseluruhan section setiap bab = 60 = C

1.Jadwal Ujian susulan sudah terlampir pada jadwal pelatihan yang diberikan pada grup pelatihan.

2.Bagi peserta yang masih mempunyai sisa attempt (1x lagi) di tiap section boleh digunakan pada saat jadwal ujian susulan.

3.Pada saat ujian susulan, peserta harus menggunakan semua attempt yang dimiliki. Tidak dapat mengajuakan ujian susulan lagi untuk sisa attempt yang tersisa.

4.Ketentuan ujian susulan = ketentuan ujian normal.

5.Jika peserta berhalangan ketika jadwal ujian susulan berlangsung, maka akan kami berikan kesempatan untuk ujian pada AKHIR batch pelatihan.

Ketentuan Remedial :

  1. Remedial berbayar Rp.50.000/setiap materi yang diulang
  2. Remedial dapat dilakukan KAPAN SAJA (Diluar JADWAL UJIAN dan UJIAN SUSULAN SERENTAK), dengan ketentuan sbb :
  3. Pembelian dan pengerjaan melalui link remedial Brevet AB atau link remedial Brevet C
  4. Email pembelian = email pengerjaan (email beli harus sama dengan email saat login untuk mengerjakan remedial)
  5. Akses hanya bisa terbuka untuk 1 materi saja, jadi disarankan melakukan pembayaran ketika sudah akan melakukan pengerjaan remedial
  6. Pengerjaan MAKSIMAL 24 jam setelah melakukan pembayaran
  7. Jika peserta membeli 2 remedial secara bersamaan, maka otomatis salah akses akan tertutup. Lebih baik beli SATU PERSATU (pembelian – kerjakan, pembelian – kerjakan)
  8. Silahkan melakukan remedial sebanyak 1x setiap materi, jika nilai masih di bawah kkm setelah 2x attempt remedial yang dilakukan, kami akan berikan nilai 60 (kkm). Atau nilai tertinggi yang diperoleh.
  9. Jika peserta yang tidak remed, namun ingin memperbaiki nilai, diperbolehkan hanya 1x saja, yang akan diambil nilai tertingginya.
  10. Teknis Remedial = Teknis Ujian (90menit/percobaan dan 2x kesempatan, 50 soal PG
  11. Peserta yang sudah lulus, dan ingin mlakukan perbaikan nilai, dipersilahkan mengikuti tata cara remedial ini. Nilai yang akan diambil merupakan nilai yang tertinggi yang di dapat oleh peserta.

Tata Cara Pembelian dan Pengerjaan Remedial :

  1. Sertifikat diberikan ketika 1 minggu setelah peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan dan tidak terkendala dengan nilai.
  2. Setiap peserta mendapatkan 2 E-Sertifikat : E-Sertifikat Brevet Pajak Terapan (Lulus / Cumlaude) dan E-Sertifikat Penggunaan Aplikasi Perpajakan (E-Faktur E-SPT) (Telah Mengikuti)
  3. E-sertifikat dapat peserta unduh pada web Tax Academy.
  4. Setelah klik menu sertifikat, maka akan muncul    tampilan seperti ini. Lalu, pilih sertifikat yang ingin di download dengan klik “Get Certificate
  5. Lalu, input email atau nomor Hp yang terdaftar
  6. Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, lalu klik “E-Certificate” untuk mendapatkan sertifikat softcopy
  7. Jika peserta masih memiliki kendala nilai, maka pihak tax academy akan memberikan opsi untuk memperbaiki nilai terlebih dahulu dan  sertifikat ditunda untuk diterbitkan. Jika, peserta tidak mau memperbaiki nilai maka nilai yang akan ditampilkan di sertifikat tersebut apa adanya.
  8. Sertifikat hardcopy dipesan melalui platform Tokopedia Tax Academy, pada :
    https://bit.ly/CertificateTaxAcademy
  9. Peserta yang ingin hardcopy sertifikat hanya membayar ongkos kirim/biaya pengiriman.
  10. Jika setifikat hardcopy peserta hilang, maka peserta akan dikenakan biaya cetak sertifikat + ongkos kirim/biaya pengiriman
  11. Perbedaan sertifikat softcopy dan sertifikat hardcopy terletak pada tanda tangan. Kalau, sertifikat hardcopy terdapat tanda tangan basah dari Founder Tax Academy Indonesia.
  12. Hanya peserta yang melakukan pemesanan di Tokopedia Tax Academy Indonesia yang mendapatkan sertifikat hardcopy.

Tax Academy memberikan predikat (CUMLAUDE/TERPUJI) pada sertifikat Brevet Pajak AB sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Tidak boleh ada nilai C pada keseluruhan nilai yang diperoleh oleh peserta
  2. Terdapat nilai ”A” minimal 1 pada keseluruhan nilai yang diperoleh.
  3. Predikat akan diberikan pada sertifikat ”Brevet Terapan”

Tampilan Sertifikat Terapan Lulus (KKM > 60) :

 

 

Tampilan Sertifikat Terapan Tidak Lulus (KKM < 60) :

 

Tampilan Sertifikat Cumlaude (sesuai dengan kriteria) :

 

Tampilan Sertifikat Penggunaan Aplikasi Perpajakan E-Faktur & E-SPT (Telah Mengikuti) :