Mengenal Effective Average Tax Rate dan Dampaknya dalam Perekonomian

Mengenal Effective Average Tax Rate dan Dampaknya dalam Perekonomian

Pelatihan pajak adalah solusi utama bagi Anda yang membutuhkan pengetahuan mengenai kebijakan di dunia perpajakan. Bahkan pelatihan pajak seperti ini diajarkan oleh para expert di bidang perpajakan. Sehingga, pastinya tidak kalah penting mengetahui berita perpajakan yang ada. Pajak adalah komponen penting dari sistem keuangan di setiap negara, yang menyediakan sebagian besar pendapatan pemerintah untuk berbagai layanan publik seperti pertahanan nasional, infrastruktur, perawatan kesehatan, dan pendidikan. Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah Effective Average Tax Rate (EATR) dalam konteks investasi dan pajak.

Ketika membuat perencanaan keuangan dan keputusan proyek investasi atau perusahaan, gagasan tentang EATR sangat penting untuk memahami beban pajak yang sebenarnya. Mari baca artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang EATR.

Mengenai Effective Average Tax Rate

Proporsi rata-rata pendapatan yang digunakan untuk menghitung beban pajak efektif yang ditanggung oleh organisasi atau proyek investasi dari pendapatannya dikenal sebagai Tarif Pajak Rata-Rata Efektif, atau EATR. Tarif pajak yang diumumkan pemerintah dikenal sebagai tarif pajak nominal; namun, EATR memperhitungkan sejumlah pengecualian, kredit, pengurangan, dan peraturan khusus yang dapat berdampak pada kewajiban pajak final. Dengan kata lain, EATR menawarkan pandangan yang lebih akurat dan realistis mengenai pajak aktual yang dibayarkan sehubungan dengan profitabilitas investasi suatu perusahaan dibandingkan dengan tarif pajak nominal saja.

Apakah Penurunan EATR Dianggap Baik atau Buruk?

EATR dipantau oleh OECD atau Organisation for Economic Co-operation and Development. Rata-rata EATR untuk tahun 2023 di 90 yurisdiksi dicatat oleh OECD dalam Statistik Pajak Perusahaan pada tahun 2024, dengan nilai 20,2%. Sejak tahun 2017, ketika nilainya 21,6%, dan tahun 2019, ketika nilainya 20,9%, telah terjadi penurunan yang konsisten. Ada beberapa penyebab internal dan eksternal yang dapat disalahkan atas penurunan EATR. Penurunan EATR seringkali menunjukkan penurunan jumlah pajak yang harus dibayar oleh organisasi atau proyek investasi.

Tergantung pada sudut pandang dan situasinya, konsekuensi rumit dari penurunan EATR dapat ditafsirkan sebagai hal yang menguntungkan atau negatif. Karena berkurangnya beban pajak yang terkait dengan penurunan EATR, investasi dapat menjadi lebih menarik. Hal ini dapat menstimulasi investasi domestik dan asing, yang pada gilirannya dapat mendorong ekspansi ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan produktivitas. Selain itu, karena biaya produksi mereka lebih kompetitif, bisnis dengan EATR yang lebih rendah dapat bersaing dengan lebih baik di pasar internasional.

Baca Juga: Mengenal Istilah Insiden Pajak, Bagaimana Mekanismenya?

Meskipun memiliki banyak manfaat, penurunan rata-rata tarif pajak efektif dapat berdampak buruk pada penerimaan pajak negara dan kapasitas pemerintah untuk mendanai layanan publik dan inisiatif pembangunan. Penurunan yang tajam juga dapat menyebabkan transfer pricing oleh perusahaan-perusahaan internasional dan mengurangi keefektifan peraturan perpajakan karena adanya perubahan peraturan secara berkala, yang akan membingungkan bagi para pelaku usaha dan investor.

Elemen-elemen yang Mempengaruhi Penurunan EATR

Keringanan dan Insentif Pajak

Adanya pengecualian atau pengurangan pajak terkait pendapatan tertentu yang menurunkan jumlah total pajak terutang. Penghasilan dari investasi tertentu dan penghasilan dari proyek-proyek yang membantu pemerintah mencapai tujuannya, termasuk penelitian dan pengembangan, dapat dikecualikan dari pajak. Biaya operasional, biaya bunga pinjaman, biaya penyusutan aset, dan biaya lain yang diizinkan oleh peraturan pajak untuk dikurangkan dari pajak adalah contoh-contoh pengurangan pajak.

Potongan Pajak

Kredit pajak secara langsung menurunkan jumlah pajak yang harus dibayar, yang menurunkan persentase tarif pajak rata-rata efektif karena kredit pajak mengurangi jumlah pajak yang harus dibayar, bukan jumlah penghasilan kena pajak. Sebagai contoh, perusahaan teknologi sering menggunakan kredit pajak penelitian dan pengembangan untuk menurunkan kewajiban pajak mereka secara keseluruhan.

Peraturan Pajak Khusus

Peraturan unik yang mungkin hanya relevan untuk sektor ekonomi atau aliran pendapatan tertentu. Misalnya, untuk mendorong investasi dan ekspansi di sektor energi terbarukan, bisnis teknologi mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan keringanan pajak tambahan.

Untuk menjadi seorang ahli pajak, Anda harus memiliki pengetahuan mendalam terkait pajak. Dan salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan pajak. Tax Academy adalah tempat yang tepat untuk Anda memulainya. Karena di tempat ini merupakan langkah tangga pertama kesuksesan Anda sebagai seorang Expert di bidang industri perpajakan.

Tax Academy menawarkan metode pembelajaran yang mudah dan memiliki jaringan profesional. Beberapa metode tersebut diantaranya adalah Video Learning, Interactive Learning, dan juga Hybrid Learning. Akademi perpajakan yang satu ini dikelola oleh profesional dari WiN Partners yang mengelola berbagai bidang pajak dengan kantornya di Surakarta, Medan dan juga Batam. Hubungi kami sekarang juga untuk Anda yang ingin mengikuti pelatihan pajak dan menjadi Expert di bidang pajak.

Tags: No tags

Comments are closed.