Mengetahui Kewajiban Pajak Penghasilan yang Dikenakan atas Profesi Software Developer

Mengetahui Kewajiban Pajak Penghasilan yang Dikenakan atas Profesi Software Developer

Pelatihan Pajak – Ketika anda adalah salah satu orang yang ingin berkarir di dunia perpajakan, maka mengikuti pelatihan pajak adalah solusi yang sangat tepat untuk wawasan seputar peraturan perundang-undangan perpajakan. Hal ini dikarenakan pelatihan pajak membantu anda untuk memahami berbagai materi seputar kebijakan pajak. Nanti saja ketika ingin memiliki karir di bidang perpajakan, tidak kalah penting untuk mengetahui berbagai kebijakan pajak penghasilan atas berbagai profesi. Seperti halnya pada era digital yang semakin canggih pada saat ini, tentu saja hampir semua orang sangat bergantung terhadap perangkat lunak yang mana bisa memfasilitasi sebagian besar aspek kehidupan kita.

Dari platform media sosial yang digunakan hampir semua orang untuk berkomunikasi dengan orang lain, sampai aplikasi keuangan atau perbankan, yang memungkinkan semua orang semakin Mudah mengelola finansial, semua hal ini tentu saja didukung oleh software developer yang ada di balik layar. Di balik berbagai Inovasi dan pekerjaan yang diciptakan, lantas Bagaimana pajak yang diterapkan untuk penghasilan yang didapatkan oleh software Developer?

Siapa itu Software Developer?

Sumber developer merupakan pekerjaan individu atau perseorangan yang mana mereka bertanggung jawab dan memahami peran dalam dunia teknologi informasi sekaligus perangkat lunak. Software developer ini merupakan salah satu profesi yang sangat penting untuk merancang, menciptakan, hingga mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak yang pada umumnya digunakan oleh banyak orang pada berbagai aspek kehidupan.

  • Merancang dan memprogram. Suhu di Pelopor salah satu tugasnya adalah untuk merancang struktur dari perangkat lunak, menuliskan kode komputer yang dibutuhkan untuk menerapkan desain tersebut, sekaligus menentukan Bagaimana aplikasi akan berfungsi.
  • Pengembang perangkat lunak sebagai pembuat aplikasi. Seorang software developer merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan penciptaan aplikasi perangkat lunak. Hal ini meliputi berbagai hal mulai dari perangkat lunak desktop sampai aplikasi seluler, serta dari perangkat lunak bisnis sampai berbagai permainan mobile. Profesi seperti ini akan melakukan perancangan dan pengembangan kode perangkat lunak yang bisa membuat aplikasi tersebut berfungsi sesuai dengan keperluan para penggunanya.
  • Penyesuaian dan pemeliharaan. Sesudah aplikasi perangkat lunak diciptakan, seorang software developer juga mempunyai tanggung jawab untuk menyesuaikan, memelihara, dan memperbaharui yang dibutuhkan supaya aplikasi akan selalu berjalan dengan baik.

Selain berbagai tugas dan tanggung jawab yang telah disebutkan, software developer juga bisa berkolaborasi secara tim, berfokus pada pengguna, serta mereka juga berkewajiban untuk memperbarui pengetahuan serta mempelajari berbagai teknologi baru.

Baca Juga: Bebas Pajak Penghasilan Hingga 2035, Pemberian Insentif Pajak untuk Karyawan di IKN

Berapa Gaji Software Developer?

Pendapatan yang didapatkan oleh perseorangan software engineer di Indonesia diantaranya berkisar Rp7,9 juta sampai Rp10,5 juta perbulannya. Besaran gaji tersebut,nya akan disesuaikan dengan setiap posisi maupun peran dari software engineer yang terdapat pada Setiap perusahaan di mana software engineer tersebut bekerja.

Bagaimana Kewajiban Pajak Software Developer?

Perusahaan yang mempekerjakan individu software Developer, baik sebagai karyawan tetap maupun pekerja lepas, harus melakukan kewajiban perpajakan penyetoran PPh individu, yakni pajak penghasilan pasal 21 untuk wajib pajak orang pribadi dalam negeri dan pajak penghasilan pasal 26 untuk wajib pajak lembaga (WPLN). Tarif pajak tersebut telah tercantum dalam UU PPh pasal 17 ayat 1 huruf a yang memberikan penetapan bahwa Tari PPh pasal 21 merupakan tarif pajak progresif yang diterapkan pada PKP atau penghasilan kena pajak.

Untuk menjadi seorang ahli pajak, Anda harus memiliki pengetahuan mendalam terkait pajak. Dan salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan pajak. Tax Academy adalah tempat yang tepat untuk Anda memulainya. Karena di tempat ini merupakan langkah tangga pertama kesuksesan Anda sebagai seorang Expert di bidang industri perpajakan.

Tax Academy menawarkan metode pembelajaran yang mudah dan memiliki jaringan profesional. Beberapa metode tersebut diantaranya adalah Video Learning, Interactive Learning, dan juga Hybrid Learning. Akademi perpajakan yang satu ini dikelola oleh profesional dari WiN Partners yang mengelola berbagai bidang pajak dengan kantornya di Surakarta, Medan dan juga Batam. Hubungi kami sekarang juga untuk Anda yang ingin mengikuti pelatihan pajak dan menjadi Expert di bidang pajak.

Tags: No tags

Comments are closed.