Apa itu Teknologi Data QUALITY? Penting untuk Segera Memahaminya

Apa itu Teknologi Data QUALITY? Penting untuk Segera Memahaminya

Training pajak merupakan upaya terbaik yang bisa dilakukan bagi Anda yang ingin memiliki karir di bidang perpajakan, bahkan juga untuk wajib pajak yang ingin mengelola kewajiban perpajakannya dengan baik. Tentu saja bagi wajib pajak maupun orang-orang yang ingin berkarir di dunia perpajakan, tidak kalah penting untuk mengetahui berbagai update berita pajak. Biasanya yang akan dibahas pada ulasan Berikut ini adalah mengenal teknologi data quality management pada sistem pajak online atau Coretax. Pada saat ini, DJP atau Direktorat Jenderal Pajak sedang mengembangkan Proses data quality management atau yang juga dapat diartikan sebagai Bisnis Manajemen kualitas data.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan dorongan pada penerapan sistem inti administrasi perpajakan atau yang seringkali disebut dengan coretax administration system. Sistem pajak yang satu ini Tujuannya adalah untuk memberikan kepastian dan validitas data yang telah diterima Direktorat Jenderal Pajak dari pihak ketiga.

Mengapa Penting Menerapkan Data Quality Manajement?

Iwan Djuniardi selaku Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak, Berikan penjelasan bahwa proses bisnis manajemen kualitas data ini sangat dibutuhkan agar bisa memberikan jaminan keabsahan data pihak ketiga yang dipergunakan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Walaupun telah memberikan izin untuk menggunakan data dari pihak ketiga, namun Direktorat Jenderal Pajak tidak mempunyai kendali penuh akan validitas data ini. Tidak jarang proses seperti ini memperlihatkan pembersihan dan pemeriksaan data terlebih dahulu sebelum masuk pada sistem inti perpajakan coretax.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian bahwa data yang telah diterima merupakan data yang akurat dan sesuai dengan standar kualitas yang sudah ditetapkan. Selain itu, juga supaya data-data yang masuk pada sistem benar-benar valid dan bisa diandalkan dengan baik.

Proses pada Data Quality Manajement

Pada akhirnya, data yang diperoleh dari pihak ketiga akan secara langsung muncul pada tax payer portal. Sehingga, hal ini berujung pada wajib pajak yang sangat mungkin untuk melihat data dan informasi yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak mengenai mereka. Apabila terjadi kesalahan saat data tersebut dibuat, maka wajib pajak mempunyai kesempatan untuk melakukan pengajuan pembetulan dari akun representative mereka. Pastinya hal seperti ini akan memberikan manfaat transparansi dan kontrol yang semakin besar tentang Data yang dipergunakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Baca Juga: Fakta atau Hoax? Isu Biaya Melahirkan Kena PPN?

Penerapan Sistem Inti Pajak

Coretax sistema dalah salah satu sistem yang termasuk pada Sistem perpajakan terbaru dan digital. Yang mana dapat dikembangkan menjadi Direktorat Jenderal Pajak agar bisa menggantikan sistem yang baru pada saat ini. Sistem yang didapatkan. Pengembangan sistem tersebut didasarkan atas Perpres atau Peraturan Presiden No. 40 tahun 2018. Sistem yang juga sering digunakan untuk sebutan dalam sistem ini adalah coretax administration. Diharapkan bahwa rancangan sistem seperti ini bisa meningkatkan Efisiensi dan efektivitas pengelolaan data pajak yang ada di seluruh Indonesia.

Untuk bisa meyakinkan bahwa coretax system tersebut bisa melakukan penerimaan dan mengelola data dari pihak secara langsung dan maksimal. Perlu diketahui bahwa pihak dari Direktorat Jenderal Pajak telah mempertimbangkan sistem terintroperabilitas, dengan Aling tidak sebanyak 89 entitas, baik itu yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri, dengan setidaknya dari internal atau eksternal Lembaga ini cukup baik. Hal ini akan memungkinkan adanya pertukaran data yang semakin efisien dan lancar antara Direktorat Jenderal Pajak dan banyak entitas lain.

Untuk menjadi seorang ahli pajak, Anda harus memiliki pengetahuan mendalam terkait pajak. Dan salah satunya adalah dengan mengikuti training pajak. Tax Academy adalah tempat yang tepat untuk Anda memulainya. Karena di tempat ini merupakan langkah tangga pertama kesuksesan Anda sebagai seorang Expert di bidang industri perpajakan.

Tax Academy menawarkan metode pembelajaran yang mudah dan memiliki jaringan profesional. Beberapa metode tersebut diantaranya adalah Video Learning, Interactive Learning, dan juga Hybrid Learning. Akademi perpajakan yang satu ini dikelola oleh profesional dari WiN Partners yang mengelola berbagai bidang pajak dengan kantornya di Surakarta, Medan dan juga Batam. Hubungi kami sekarang juga untuk Anda yang ingin mengikuti training pajak dan menjadi Expert di bidang pajak.

Tags: No tags

Comments are closed.